fasilitas kredit didukung oleh leasing terpercaya

fasilitas kredit didukung oleh leasing terpercaya

Jumat, Januari 28, 2011

lancar atas bawah....

Pengguna Kawasaki Ninja 150RR ada yang mengeluhkan prihal beratnya tarikan motor di putaran bawah atau di atas. “Setelah saya cek ternyata itu karena katup Supekips macet,” kata Didi Nurhadi dari bengkel D2M di Kalimalang, Jakarta Timur.



Didi mengaku acap menerima pasien penyemplak Ninja. Penyakit ini kata Didi lagi, banyak menyerang meskipun usia pakainya masih baru. Tak jarang ia menemukan keluhan ini pada Ninja keluaran 2007 sampai 2009.

“Kalau macet saat posisi ngebuka maka tarikan bawah yang berat. Sedangkan jika tertahan di posisi sebaliknya maka tarikan atas yang ngeden,” kata Didi.

Untuk itu, dia mau kasih tips beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit ini. Semua ini merupakan langkah yang bisa dilakukan sendiri lho, nggak perlu repot ke bengkel.

“Pertama katup dibuka pakai kunci 10,” tambahnya. Setelah gigi katup lepas, maka dengan kunci 10 tadi juga digerak-gerakkan sehingga jika ada kotoran yang nempel akan copot dan menjadi bersih. Alhasil salah satu penyebab macetnya tadi sudah berhasil ditangani.

Biasanya memang ada debu dan kotoran yang nempel di gigi-gigi katup tadi. Tumpukan itulah yang membuat pergerakan gigi jadi tertahan. Bisa saat ngebuka atau tertutup.

Saat memasang kembali gigi katup tadi perhatikan titik pe nandanya. “Sebab kalau posisi titik tidak pas, maka akan banyak masalah baru. Atau bisa-bisa macet terus,” kata tuner yang mencoba aktif lagi di dunia drag ini.

Setelah dipasang, ada lagi dua langkah yang harus dilakukan. “Step berikutnya mengubah setelan pompa oli,” kata pria yang masih senang melajang ini. Mengubah setelan ini artinya membuat suplai oli menjadi sedikit lebih boros. Jangan takut, boros ini enggak bakal bikin tekor isi kantung sampeyan kok.

Caranya adalah dengan menaikkkan posisi baut di pangkal slang pompa oli yang ada di bagian atas bak kopling. Untuk mengerjakan ini juga cukup menggunakan kunci 10. Menaikkan ini cukup dengan memutar baut beberapa putaran.

002

“Dengan borosnya oli ini, gejala gas yang tertahan tadi juga bisa hilang. Pastinya lagi, tentu bakal berefek tarikan motor akan jadi jauh lebih enak,” tambahnya.

Sebagai langkah pelengkap dari jurus bikin enak tarikan atas-bawah tadi adalah melakukan penggantian pada pilot-jet. “Cukup naikkan satu step,” tambah pemilik bengkel dari Jl. Kapin, No.1 Kalimalang, Jakarta Timur ini.

Jika pada Ninja RR pilot-jet standar 22,5, maka untuk mengatasi masalah tadi silakan ganti menggunakan ukuran 25. “Tentu dengan catatan, itu semua dengan kondisi karbu masih standar lho,” tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar